Jum'at, 25 Juli 2014
15:25 WIB
Perut Buncit Terjadi Akibat 7 Kebiasaan Ini!
Ternyata, perilaku ngemil yang biasa Anda lakukan bisa menambah lemak di bagian perut.
Perut Buncit
Irina Damayanti, Lutfi Dwi Puji Astuti | Jum'at, 29 Januari 2010, 11:39 WIB

VIVAnews - Tapi jangan khawatir, banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Untuk itu, Anda perlu terlebih dahulu, kebiasaan apa saja yang bisa memicu timbulnya lemak di perut.

Berikut adalah 7 kebiasaan yang bisa memicu timbunan lemak di bagian perut:

1. Makan Siang Berlebihan
Taktik ini selalu menjadi bumerang. Saat Anda melewatkan makan pagi, Anda akan membalas dendam di saat makan siang. Nafsu makan Anda akan bertambah dua kali lipat, saat Anda tidak sarapan. Faktor balas dendam ini yang biasanya membuat Anda menjadi kalap dan makan siang berlebihan. Hal ini pula yang menjadikan banyaknya lemak yang berkumpul di perut Anda. Coba kendalikan nafsu makan Anda dengan mengonsumsi makanan porsi kecil atau ukuran sedang, lalu makanlah setiap tiga sampai empat jam sekali. Dijamin cara ini tidak membuat perut Anda melar dan menimbulkan timbunan lemak.

2. Menjadi Vegetarian
Wanita akan sering menghindar dari makanan seperti daging, ikan dan berbagai jenis susu karena jenis makanan tersebut mengandung banyak kalori dan lemak. Tapi faktanya, jenis-jenis makanan ini adalah sumber protein yang bisa membantu meningkatkan metabolisme Anda untuk menangkis datangnya problema perut buncit. Memilih makanan rendah kalori, rendah lemak seperti keju atau ikan tuna bisa membantu Anda mendapatkan protein yang cukup. Misalnya, 6 ons ikan tuna yang kita makan setiap hari, dijamin bisa memenuhi tiga perempat kebutuhan protein harian Anda.


3. Mengonsumsi Roti berlebihan

Tingginya kandungan insulin dalam roti bisa memicu terjadinya kegemukan yang meningkat secara bertahap, dan memungkinkan lemak pada perut bertambah. Lebih baik konsumsi beras, oatmeal, atau whole wheat tortilla (tepung terigu) sekali sehari, dijamin tidak membuat lemak perut bertambah.

4. Menganggap Sit-up Bisa Membuat Perut Rata

Sit-up untuk mengencangkan otot perut memang benar, tapi melakukan sit-up tidak akan berefek mengurangi lapisan lemak yang ada di perut. Melakukan 50, 100 sampai 500 kali sit-up bahkan tidak akan membuat celana jins Anda longgar dalam sekejap. Apa yang seharusnya Anda lakukan? Jawabannya adalah latihan kardio. Karena dengan melakukan latihan kardio sebagai pemanasan seperti bersepeda, berjalan kaki ataupun menari terlebih dulu sebelum berolahraga, bisa membakar kalori lebih banyak daripada tidak melakukannya sama sekali. Daripada membuang semua waktu Anda untuk sit-up, lebih baik bersepeda atau berjalan kaki mengelilingi kompleks rumah Anda.

5. Minuman Beralkohol
Minuman alkohol memiliki banyak kalori. Sehingga ketika Anda merayakan pesta minum-minum, ahli gizi akan mengatakan, pada dasarnya kegiatan ini bisa mengundang timbunan lemak di bagian perut Anda. Jika Anda menginginkan minuman beralkohol lebih baik memilih anggur merah, sebab berdasarkan penelitian, mengonsumsi anggur merah bisa mengikis lemak di bagian perut.

6. Konsumsi Makanan Rendah lemak dan Rendah Kalori
Anda mungkin berpikir bahwa memilih yoghurt bebas gula, diet soda atau makanan ringan berlabel rendah lemak dan rendah kalori bisa membantu Anda menyusutkan lemak.Tapi menurut beberapa versi ahli gizi mengatakan, bahwa mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang pas dipercaya bisa memicu metabolisme Anda untuk meningkatkan penyimpanan lemak.

7. Meninggalkan Makanan Tinggi Lemak Tak Jenuh
Hal ini justru kebalikannya, makanan tinggi lemak tak jenuh bisa membantu membakar lemak perut dan menuntun Anda untuk mengonsumsi lebih sedikit. Ahli gizi merekomendasikan mengiris satu-seperempat alpukat dalam sandwich atau sedikit minyak zaitun dan cuka salad, bisa menjadi makanan tinggi lemak tak jenuh yang baik buat tubuh.

 

© VIVA.co.id

halaman ke - 1
 

Berita Terkait
A A A
LIST TOPIK