Kamis, 24 April 2014
14:55 WIB
Buah Pencegah Kanker Payudara
Meskipun rasanya pahit, buah ini bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
Panen Pare Giok di Bogor
Petti Lubis, Mutia Nugraheni | Sabtu, 6 Maret 2010, 08:04 WIB

VIVAnews - Ekstrak dari buah pare (bitter melon) yang banyak tumbuh di negara tropis seperti Indonesia ternyata bisa menghambat perkembangan sel pemicu kanker payudara. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti dari University of Colorado, Amerika Serikat.

Dari penelitian diketahui buah pare mengandung substansi yang bisa menghentikan reproduksi sel kanker dan mematikannya. Subtansi tersebut merupakan zat warna hijau dan yang membuat pare terasa pahit. Zat tersebut akan mengirim sinyal yang bisa mengganggu jalur kimia dan mengagalkan proses reproduksi sel kanker.

Meskipun sangat menjanjikan sebagai anti-kanker, tetapi menurut Dr. Rajesh Agarwal, salah satu peneliti, dibutuhkan percobaan lebih lanjut, baik pada binatang maupun manusia.

"Kanker payudara adalah salah satu penyebab kematian terbesar pada wanita. Hasil dari penelitian ini tentunya sangat signifikan untuk mengatasi penyakit kanker payudara," kata Dr. Rajesh Agarwal, seperti VIVAnews kutip dari BBC.

Selam bertahun-tahun buah pare memang digunakan sebagai obat tradisonal. Pare juga diketahui sangat baik untuk para penderita diabetes dan mengatasi infeksi. Meskipun rasanya pahit, pare ternyata memiliki banyak manfaat.

© VIVA.co.id

halaman ke - 1
 

Berita Terkait
A A A
LIST TOPIK