Selasa, 23 September 2014
17:22 WIB
Sejuta Manfaat Telur
Konsumsi dua butir telur sehari dapat meningkatkan kesehatan tubuh.
Telur Mata Sapi
Pipiet Tri Noorastuti, Anda Nurlaila | Jum'at, 12 Maret 2010, 13:49 WIB

VIVAnews - Tak perlu makanan mahal untuk memperoleh nutrisi seimbang. Telur adalah salah satu jenis 'makanan super' dengan kandungan nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh, seperti membantu mengatasi obesitas.

Studi terbaru yang akan diterbitkan di Jurnal Nutrition & Food Science edisi Juni, itu mengungkap, telur memainkan peran penting untuk mencegah penyakit degenerasi akibat penuaan. Kandungan antioksidan dalam telur juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Telur mencegah kebutaan.

Dari 71 penelitian tentang telur, para ahli menemukan meskipun rendah kalori, telur merupakan sumber yang kaya protein dan dipenuhi nutrisi penting khususnya vitamin D, vitamin B12, selenium dan kolin.

Di antara sumber protein, telur mengandung asam amino esensial terkaya yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh. Telur bisa menjadi pilihan bagi anak-anak, remaja dan orang dewasa yang tidak mengkonsumsi susu.

Dr Carrie Ruxton, ahli diet terdaftar dan ahli gizi kesehatan masyarakat, mengatakan manfaat telur sangat besar hingga wajar bila disebut makanan super. Dengan harga yang sangat terjangkau, para ahli merekomendasikan konsumsi 1-2 butir telur sehari.

Vitamin D. Selain sinar matahari, telur merupakan sumber utama vitamin D. Satu butir telur mengandung lebih dari 20 persen RDA (ketentuan asupan vitamin D). Makan dua butir telur sehari memenuhi hampir setengah dari kebutuhan vitamin D. Asupan vitamin D yang cukup mencegah penyakit tulang, kanker, jantung, gangguan kekebalan tubuh, dan kesehatan mental.

Dengan porsi tak berlebihan, telur tak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Studi terbaru yang dilakukan British Egg Industry Council, menyimpulkan bahwa konsumsi satu sampai dua telur sehari tak akan memicu masalah kolesterol. Konsumsi telur secara wajar justru memperbaiki metabolisme yang berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes. (Adi)

© VIVA.co.id

SHARE halaman ke - 1

Berita Terkait
A A A
LIST TOPIK