Kamis, 23 Oktober 2014
05:21 WIB
Tujuh 'Senjata' Lawan Penuaan
Ada cara alami untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kusam.
awet muda
Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti | Kamis, 18 November 2010, 17:16 WIB

VIVAnews - Menjadi tua itu pasti. Namun, banyak faktor bisa memunculkan tanda-tanda penuaan lebih cepat dari usia sesungguhnya. Bagaimana mencegah penuaan dini itu?

Sejumlah orang yang suka hasil instan cenderung memilih cara-cara ekstrem untuk melenyapkan keriput, kusam, bercak hitam, sisik, dan gelambir di kulit wajah. Padahal, ada cara alami untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan tersebut.

Berikut, cara alami mencegah penuaan dini, seperti dikutip dari laman Times of India:

Minum Teh
Selain sebagai cara terbaik untuk mendetoksifikasi tubuh Anda, minum teh hijau dapat memperlambat pembentukan keriput dan lingkaran hitam. Teh hijau mengandung flavonoid dan antioksidan. Karena berfungsi sebagai antibiotik alami, juga bisa membantu membangun kekebalan sehingga tak mudah terserang penyakit.

Tertawa lepas
Tertawa mengurangi tingkat stres, kortisol hormon, dan melepaskan hormon yang meningkatkan kesehatan seperti endorfin. Kondisi ini bisa mengurangi garis stres dan keriput. Cara terbaik untuk merangsang timbulnya tawa bisa dengan membaca buku lelucon, berlangganan cerita lucu dari sebuah website, atau memperbanyak aktivitas berkumpul bersama teman-teman yang ceria.

Masker buah
Jika ingin menggunakan masker, lebih baik gunakan masker alami. Anda bisa membuat masker pepaya untuk wajah. Papain, enzim dari buah bermanfaat untuk kulit kering dan mengurangi akumulasi melanin. Atau, bisa menggosokkan potongan stroberi pada wajah. Kandungan beta-karoten dan vitamin A dalam stroberi membantu regenerasi kulit  wajah.

Camilan berry
Buah berry seperti raspberry dan ceri mengandung anthocyanin, pigmen larut dalam air, yang melindungi kulit dari proses penuaan. Penelitian menunjukkan manfaat anthocyanin untuk memperbaiki sirkulasi darah, yang efeknya akan menutrisi kulit secara maksimal.

Air putih
Air membantu melancarkan pencernaan, penyerapan, distribusi nutrisi, dan pembuangan limbah dalam tubuh. Air juga mendetoksifikasi tubuh dan mencegah keriput.

Olahraga
Para ahli mengatakan, tubuh yang selalu terlibat dengan pekerjaan berat bisa menyehatkan otot sehingga akan membuat Anda awet muda. Jika tak memiliki waktu luang, libatkan diri dalam pekerjaan rumah seperti membersihkan langit-langit, mengepel, atau meremas adonan. Ini juga membantu menjaga penyakit tulang dan otot seperti radang sendi .

Berjalan
Dokter mengatakan berjalan adalah penangkal terbaik untuk penuaan. Berjalan cepat setiap pagi adalah cara yang baik untuk menjaga jantung sehat. Berjalan memperkuat sistem saraf, yang pasti akan memperlambat proses penuaan. (pet)

© VIVA.co.id

SHARE halaman ke - 1

Berita Terkait
LIST TOPIK