Selasa, 29 Juli 2014
15:40 WIB
Yoga Tertawa, Alternatif Sehat di Vietnam
Tawa lepas membuat elemen tubuh aktif mulai dari telinga, otak, otot, hingga sendi.
Yoga tertawa
Pipiet Tri Noorastuti | Senin, 26 September 2011, 16:30 WIB

VIVAnews - Tertawa merupakan pengalaman umum manusia. Lebih dari itu, ekspresi kegembiraan ini memiliki manfaat secara medis yang bersifat menyembuhkan. Bahkan bermanfaat bagi kecantikan.

Di Vietnam, sebuah komunitas yang peduli kesehatan memperkenalkan 'Yoga Tertawa'. Dengan pakaian olahraga, mereka berkumpul setiap pagi untuk tertawa bersama sambil bertepuk tangan atau melambai-lambaikan tangan.

Mereka akan terbahak-bahak bersama selama 45 menit. "Tertawa membuat kami merasa lebih muda, relaks, dan nyaman. Ketika kami melakukan yoga tertawa ini, kami bisa melupakan semua kesedihan," kata Vu Hong Diem, 60, mantan artis yang bergabung dalam komunitas itu, seperti dikutip news.sky.com.

Vu Hong sangat merasakan manfaat olahraga yang terkesan konyol itu. "Tertawa membuat pikiran menjadi jernih, dan saya bisa pulang ke rumah dengan kondisi bugar," ujarnya.

Ketika tertawa lepas, seluruh elemen tubuh aktif mulai dari telinga, otak, otot, dan sendi tubuh. Dalam kondisi itu, tubuh mengeluarkan hormon dopamin, pemicu rasa bahagia, yang segera menjalar ke seluruh jaringan.

Yoga tertawa pertama kali diperkenalkan di India. Le Anh Son, pria asal Vietnam, yang membawa olahraga alternatif itu ke negaranya. "Efek lainnya bisa membuat masyarakat lebih ramah, selalu tersenyum satu sama lain," ujarnya.

Yoga tertawa

© VIVA.co.id

halaman ke - 1
 

Berita Terkait
A A A
LIST TOPIK