Jum'at, 18 April 2014
11:14 WIB
FOTO:Menyusuri Misteri Kuburan Batu di Toraja
Kuburan itu dinamai Lemo karena bentuknya bulat menyerupai buah limau (jeruk).
Kuburan batu Lemo di Toraja
Desy Afrianti | Minggu, 8 Januari 2012, 07:42 WIB

VIVAnews - Kuburan Batu Lemo yang terletak di Toraja, Sulawesi Selatan, merupakan kuburan tertua nomor dua di Toraja setelah Songgi Patalo.

Di situs yang dibangun sekitar abad ke-16 tersebut, terdapat sekitar 75 lubang kuburan dan 40 patung orang yang telah meninggal.

Tiap-tiap lubang merupakan kuburan satu keluarga. Lokasi itu merupakan salah satu objek wisata Toraja yang banyak dikunjungi wisatawan, baik mancanegara maupun lokal.

Kuburan yang dibuat di bukit batu itu dinamai Lemo karena bentuknya bulat menyerupai buah limau (jeruk). Bila dilihat dari luar, hanya akan tampak pintu lubang yang ditutup dengan papan kayu.

Letak lubang-lubang ini cukup tinggi yakni mencapai belasan meter. Mayat dimasukkan ke dalam dengan tangga atau ditarik dengan tali.

Sedangkan ukuran lubang cukup besar sekitar 3 x 5 meter. Untuk membuat lubang ini dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, berkisar Rp 30 juta.

Lubang dibuat dengan cara memahat bukit batu secara manual. Pekerjaan membuat lubang ini biasanya memakan waktu enam bulan hingga satu tahun. Lihat foto-foto kuburan Batu Lemo di sini

© VIVA.co.id

halaman ke - 1
 

Berita Terkait
A A A
LIST TOPIK