Minggu, 26 Oktober 2014
05:48 WIB
12 Makanan Penurun Kolesterol Jahat (II)
Peningkatan kadar kolesterol jahat ini juga berkaitan dengan peningkatan trigliserida.
Harus dibarengi komitmen menyingkirkan konsumsi lemak tak sehat.
Pipiet Tri Noorastuti | Senin, 9 April 2012, 12:34 WIB

VIVAnews - Tak semua kolesterol kita anggap musuh. Yang harus kita perangi adalah low density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat yang dapat memicu penyumbatan dan memblokir aliran darah menuju otak.

Peningkatan kadar kolesterol jahat ini juga berkaitan dengan peningkatan trigliserida, lemak dalam darah yang bisa merusak arteri. Sementara high density lipoprotein (HDL) adalah jenis kolesterol yang justru bermanfaat bagi tubuh karena bekerja membersihkan dan melancarkan aliran darah.

LDL, sebaiknya kurang dari 130 mg/dl, HDL setidaknya 40 mg/dl, dan Triglicerin kurang dari 150 mg/dl. Selain melakukan tes darah secara berkala, perangi penumpukan kolesterol jahat dengan konsumsi makanan berikut.

• Buah sitrus
Buah-buahan seperti jeruk, grapefruit, memiliki kandungan pektin dan serat. Selain berperan memerangi kolesterol jahat, dua nutrisi ini juga membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah peradangan demi kesehatan jantung.

• Kacang lentil
Jenis kacang ini merupakan sumber serat larut, yang membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Studi Arizona State University pada 2008 menemukan, orang yang makan setengah cangkir kacang ini sehari selama periode 24 minggu, mampu menurunkan kolesterol jahat sebesar 8 persen.

• Kedelai
Seperti ikan, konsumsi kedelai akan memperbesar kemungkinan makan sedikit daging. Sebuah studi 2010 menemukan bahwa konsumsi sumber protein nabati ini dapat membantu menurunkan 8-10 persen dari kadar kolesterol dalam tubuh.

• Anggur merah
Sudah banyak penelitian yang membuktikan konsumsi minuman anggur merah secara moderat baik untuk kesehatan. Salah satunya, sebuah penelitian tahun 2000 yang menunjukkan konsumsi anggur merah secara moderat berperan meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan kandungan antioksidan, anggur merah juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

• Avokad
Seperti minyak zaitun, avokad kaya lemak tak jenuh yang berperan menurunkan kolesterol jahat. Lemak tak jenuh tunggal, yang ditemukan dalam buah hijau lembut ini, juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Tentu, dibarengi dengan komitmen menyingkirkan konsumsi lemak tak sehat.

• Teh hijau
Sudah banyak penelitian yang menguji keampuhan minuman ini untuk kesehatan. Mulai dari memerangi kanker, meningkatkan kemampuan otak, dan belakangan dikaitkan dengan efeknya terhadap penurunan kadar kolesterol jahat. Tapi ingat, menenggak teh hijau bukan ide yang baik bagi semua orang, terutama mereka yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Enam makanan penurun kolesterol jahat lainnya, bisa klik di tautan ini. (umi)

© VIVA.co.id

SHARE halaman ke - 1

Berita Terkait
LIST TOPIK