Minggu, 20 April 2014
00:02 WIB
Agar Tak Buruk Rupa Selepas Facial
Mendapatkan kulit sehat bercahaya tidak harus pergi ke klinik kecantikan mahal.
Bukan berarti perawatan wajah di klinik kecantikan itu buruk.
Pipiet Tri Noorastuti, Febry Abbdinnah | Rabu, 25 April 2012, 11:49 WIB

VIVAnews - Seberapa sering Anda berkunjung ke dokter kulit atau klinik kecantikan untuk mendapatkan facial treatment? Apakah biaya kecantikan wajah yang Anda keluarkan sebanding dengan hasilnya?

Sebuah artikel di Daily Mail menyebut bahwa beberapa jenis perawatan wajah justru berpotensi merusak kulit.

Seperti pengalaman model Sophie Anderton setelah melakukan mikrodermabrasi dan chemical peels. Bukannya wajah halus menawan, ia malah mendapati garis-garis kerut yang semakin jelas, jerawat, dan bintik hitam di wajah.

Dr Patricia Farris dari Clinical Associate Professor di Universitas Tulane dan juru bicara American Academy of Dermatology, mengatakan bahwa mendapatkan kulit sehat bercahaya tidak harus pergi ke klinik kecantikan mahal.

Kuncinya sederhana. "Hanya perlu rajin membersihkan wajah, menghapus jejak make up dan polusi di malam hari. Di siang hari, jangan lupa menggunakan tabir surya dan pelembab. Dan, lakukan pengelupasan sel kulit mati secara rutin seminggu sekali," ujarnya, dikutip Shine.

Namun, bukan berarti perawatan wajah di klinik kecantikan itu buruk. Yang penting adalah selektif dengan klinik pilihan. "Jika Anda pergi ke pakar kecantikan berlisensi, kebanyakan perawatan wajah sebenarnya tidak agresif dan tidak merusak," ujarnya. 

Jika Anda menyukai perawatan wajah di klinik kecantikan, pastikan memperhatikan sejumlah hal berikut:

- Pastikan dokter kulit yang Anda temui memiliki lisensi.

- Lakukan prosedur terapi seperti perawatan laser, chemical peels pada spa medis, atau klinik dermatologi, jangan di spa dan salon umum.

- Jika Anda memiliki kulit yang gelap, hati-hati karena chemical peels memiliki efek pemutih dan perubahan warna.

- Jika Anda rentan terhadap rusaknya kapiler, pilih pengelupasan kulit yang ringan.

- Kulit bisa sangat sensitif terhadap sinar matahari setelah melakukan perawatan wajah. Hindari sinar matahari jika memungkinkan. Kalau terpaksa harus beraktivitas di bawah sinar matahari, gunakan tabir surya dengan spektrum yang luas.

- Jangan menggunakan produk yang mengandung Retin-A setidaknya 72 jam setelah melakukan perawatan facial. Karena, produk tersebut dapat memperburuk kemerahan. (adi)

© VIVA.co.id

halaman ke - 1
 

Berita Terkait
A A A
LIST TOPIK