Minggu, 26 Oktober 2014
11:22 WIB
MSG Alami Bikin Sedap Masakan
Umami dapat ditemukan pada tomat, sayuran hijau, dan biji-bijian.
Umami alami juga ada dalam masakan Jepang.
Mona Indriyani, Stella Maris | Rabu, 27 Juni 2012, 05:09 WIB

VIVAlife – Sejauh ini MSG masih menjadi momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan beberapa dari penyantapnya, MSG sering menyebabkan dehidrasi, sakit kepala, dan rasa tak nyaman di lambung. Berita negatif lain yang membuat orang takut adalah penggunaan jangka panjang MSG yang bisa sebabkan orang menjadi bodoh.

Meski begitu, 'bumbu ajaib' ini masih sering digunakan oleh sebagian orang. Terutama bagi pecinta jajanan, seperti bakso, soto mi, dan gorengan. Sesungguhnya, glutamat dapat diperoleh dari bahan segar dan alami, namun tak sedikit ibu rumah tangga yang menambahkan MSG ini ke dalam masakan mereka.

Apa itu MSG?

Monosodium Glutamat atau MSG adalah salah satu rasa umami yang dihasilkan dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non esensial penyusun protein. Penggunaan MSG, bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam mengatur cita rasa umami, layaknya gula untuk rasa manis, garam (asin), dan cuka (asam).

Umami ada di sini!

Menurut Dr. Nuri Andarwulan, Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, umami dapat ditemukan dari asam glutamat terikat (MSG) dan asam glutamat bebas (alami). Secara natural, umami ini dapat ditemukan pada bahan makanan seperti tomat atau sayuran segar, seperti wortel, kol, tomat, sayuran hijau, dan biji-bijian.

Sedangkan pada hasil laut, glutamat banyak dijumpai pada udang, kerang dan siput. Sementara itu, inosinate (istilah lain untuk glutamat) bersumber dari produk hewani, seperti daging sapi, daging ayam, serta ikan-ikanan (ikan cod, mackerel, dan sarden). Terakhir, gulanylate (nama lain glutamat) banyak diproduksi oleh keluarga jamur, di antaranya adalah jamur shiitake dan jamur porcini.

Tidak hanya dalam bahan pangan segar, sensasi umami juga bisa didapat dari produk bumbu siap pakai. Coba saja cicipi saus tomat dan rasakan perlahan selama beberapa saat. Walau awalnya hanya akan merasakan rasa asam yang menggigit, namun sentuhan menjelang akhir dijamin Anda akan merasakan sensasi umami. Selain saus tomat, tentu saja kecap asin, kecap ikan, saus tiram, terasi, hingga taoco.

Negara tetangga punya umami

Meski terkesan berbumbu tipis, masakan Jepang tetap terasa sangat lezat di lidah. Hal ini tentu saja karena kebiasaan orang Jepang yang tak pernah absen menggunakan bumbu penghasil rasa umami. Salah satunya, adalah konbu (rumput laut berukuran besar dengan warna hijau kecokelatan).

Rumput laut ini menjadi jawara penghasil rasa umami dalam setiap masakan Jepang. Untuk mendaptakan umami yang lebih konbu biasanya dicampur bersama bonito (irisan tipis daging sapi yang dikeringkan), banyak dimodifikasi menjadi satu bahan pembuat dashi (kaldu sup). Nah, kaldu ini juga tak pernah absen dari masakan Jepang.

Fenomena ini juga terjadi di negara Barat. Wanita Perancis cenderung memiliki badan langsing. Hal ini dikarenaka negeri ini lebih sering mengkonsumsi salad segar yang merupakan pencetus rasa umami. Bumbu ajaib ini juga terdapat pada makanan lainnya seperti keju, anchovy, dan saus tomat.




© VIVA.co.id

SHARE halaman ke - 1

Berita Terkait
LIST TOPIK