Rabu, 1 Oktober 2014
21:14 WIB
Perawatan Terbaik untuk Jenis Kulit Kombinasi
Ada perbedaan untuk merawat area wajah yang berminyak dan area yang kering.
Kulit kombinasi butuh perawatan khusus
Mutia Nugraheni | Sabtu, 15 September 2012, 06:25 WIB

VIVAlife - Dilema, mungkin situasi tersebut sering dialami oleh Anda yang memiliki tipe kulit kombinasi. Ketika bagian dahi dan hidung terlihat mengilap karena produksi minyak berlebih, sementara area lain di wajah malah dalam kondisi kering.

"Pada kasus ringan terdapat komedo dan sedikit bersinar di zona T (dahi, hidung, dagu). Lalu pada kondisi ekstrim, kulit lain di wajah terasa sangat kencang dan kering. Kombinasi ini makin menjengkelkan ketika muncul jerawat," kata Francesca Fusco, seorang dokter kulit.

Kulit berminyak terjadi ketika kadar testosteron meningkat dan memicu kelenjar sebaceous untuk menghasilkan sebum atau minyak lebih banyak. Stres, siklus menstruasi, kehamilan, pil KB dan obat-obatan tertentu serta asupan yang dikonsumsi juga mempengaruhi berapa banyak minyak pada kulit Anda.

Ketika minyak berlebih pada kulit wajah bercampur dengan sel kulit mati dan bakteri, pori-pori tersumbat dan membentuk komedo serta jerawat. Lalu, dia area lain kulit dalam kondisi kering, yang kemungkinan besar terjadi ketika pelindung alami rusak oleh fluktuasi hormon, pembersih wajah yang keras atau paparan dingin dan udara kering.

Lalu bagaimana kulit kombinasi bisa terjadi? Tiap pori-pori,seperti dilansir dari You Beauty, berisi kelenjar sebaceous yang mengeluarkan minyak, dan ada yang memiliki pori-pori lebih pada dahi, hidung dan dagu. Tetapi, tidak di bagian pipi dan wajah area samping.

Agar lebih praktis, produk pun cenderung dipilih hanya untuk kulit berminyak atau kulit kering saja. Akibatnya, area kulit yang kering semakin kering atau sebaliknya.

Untuk perawatan sehari-hari tentunya dibutuhkan perlakuan khusus. Ada perbedaan untuk merawat area wajah yang berminyak dan area yang kering. Lakukan saja tiga langkah perawatan terbaik untuk tipe kulit kombinasi berikut.

1. Jangan takut untuk menggunakan produk yang berbeda. Produk untuk kulit berminyak dan untuk kulit kering.
2. Aplikasikan toner yang mengandung asam salisilat hanya di area wajah yang berminyak dan berjerawat.
3. Untuk area kulit yang kering, pastikan membuatnya dalam kondisi lembab. Anda bisa mengoleskan krim pelembab atau menggunakan water moist spray.
4. Selalu jaga kebersihan kulit. Pastikan wajah selalu dalam keada bersih dan bebas dari riasan saat Anda tidur. (sj)

© VIVA.co.id

SHARE halaman ke - 1

Berita Terkait
LIST TOPIK