Kamis, 31 Juli 2014
14:41 WIB
Pepaya Picu Keguguran?
Kandungan pepsin picu kontraksi pada rahim dan pendarahan.
Kandungan pepsin dalam pepaya picu pendarahan dan kontraksi rahim.
Mona Indriyani | Kamis, 8 November 2012, 09:24 WIB

VIVAlife - Selama ini buah nanas dianggap sebagai buah yang patut dihindari saat kehamilan. Konon, nanas dianggap sebagai buah yang dapat menggugurkan kandungan. Meski belum ada penelitian secara mendalam, tapi ada baiknya jika para ibu hamil lebih waspada dengan buah satu ini. Menurut Boldsky, ternyata tak hanya nanas yang harus diwaspadai saat hamil, tapi juga buah pepaya.

Tingkat kematangan
Hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi pepaya saat hamil adalah tingkat kematangannya. Para dokter menyarankan untuk mengkonsumsi pepaya dalam kondisi matang. Pepaya matang sangat aman dikonsumsi saat hamil karena kaya vitamin A dan B, beta-carotine dan kalium yang diperlukan oleh tubuh.

Hindari pepaya mentah

Menurut British Journal of Nutrition, pepaya mentah adalah buah yang tak aman dikonsumsi saat kehamilan. Kandungan pepsin di pepaya dapat menginduksi kontraksi dalam rahim. Hal ini dapat membuat seseorang mengalami keguguran. Selain itu, pepaya mentah juga dapat memicu kelahiran bayi prematur.

Kontrasepsi alami

Latex dalam pepaya mengarah pada kontraksi rahim dan aborsi. Tak sedikit wanita yang menggunakan buah ini sebagai alat kontrasepsi alami untuk menghindari kehamilan. Kandungan inilah akan menimbulkan pendarahan yang berasal dari placenta. (eh)

© VIVA.co.id

halaman ke - 1
 

Berita Terkait
A A A
LIST TOPIK