x
x

Share This Story

FOTO: Tradisi Unik Bangun Rumah Suku Tertua Afrika

Wuri Handayani, Tasya Paramitha Rabu, 23 Januari 2013, 11:07 WIB

 

VIVAlife - Di Selatan Burkina Faso, sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika Barat, dekat perbatasan Ghana terletak sebuah desa kecil bernama Tiebele. Tempat ini merupakan rumah dari orang-orang Kassena, salah satu kelompok etnis tertua. Tiebele dikenal dengan arsitektur tradisional Gourounsi yang menakjubkan. Masyarakat setempat menghiasi setiap dinding rumahnya dengan lukisan etnik.  

tiebele

Negara miskin di Afrika Barat, dan mungkin merupakan negara termiskin di dunia ini sangat kaya akan budaya. Peninggalan mereka, dekorasi dinding bangunan yang dikerjakan para wanitanya sejak abad keenam belas.

Orang-orang Kassena membangun rumah mereka seluruhnya dari bahan lokal seperti tanah, kayu dan jerami. Tanah dicampur dengan jerami dan kotoran sapi yang dibasahi agar membentuk dinding yang sempurna, sebagai pengganti batu bata.

tiebele

Rumah-rumah di Tiebele memiliki dinding yang sangat tebal dan dirancang tanpa jendela, kecuali satu atau dua lubang kecil untuk membiarkan cahaya masuk ke dalam. Pintu depan rumah hanya sekitar dua meter, yang menjaga sinar matahari keluar dan membuat musuh kesulitan untuk menyerang. Sedangkan bagian atapnya dilindungi dengan tangga kayu. 

tiebele

Setelah selesai dikonstruksi, para wanita mulai membuat desain di dinding menggunakan lumpur berwarna dan kapur putih. Motif dan simbol yang baik diambil dari kehidupan sehari-hari, atau dari agama dan kepercayaan masyarakat setempat. Setelah selesai, dnding divernis menggunakan bahan pohon khas Afrika, locust bean. (adi)

 

 

© VIVA.co.id

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER