Rabu, 22 Oktober 2014
13:22 WIB
Jantung di Luar Tubuh, Bayi Ini Gunakan Perisai
Selama hidup ia akan menggunakan perisai untuk melindungi jantungnya.
Audrina Cardenas dengan prisai pengaman jantung.
Mona Indriyani | Senin, 28 Januari 2013, 13:26 WIB

VIVAlife - Senyum mungil yang terbit di wajahnya, sungguh tak menunjukkan bahwa bayi ini mengalami kelainan jantung. Audrina Cardenas yang lahir bulan Oktober lalu menderita penyakit bawaan langka, ectopia cordis. Jantungnya tumbuh tak normal hingga keluar dari tubuh.

Penyakit langka memang. Diderita oleh 1 dari delapan juta orang. Dan 9 dari 10 penderitanya lahir dalam keadaan meninggal atau hidup hanya selama 3 hari.

Saat kehamilan Cardens, begitu nama sang ibu, memasuki usia 16 minggu dia dihadapkan pada 3 pilihan yang sama-sama sulit atas calon bayinya. Gugurkan kandungan, bayi dilahirkan namun kemungkinan meninggal, atau meminta dokter membuatkan lubang di dada bayinya segera setelah bayi tersebut lahir.

Sebagaimana dilansir Daily Mail, Cardens tetap berharap memiliki seorang anak dan melahirkan sang putri. Melalui operasi caesar Audrina pun lahir, selang usia beberapa hari, bayi merah itu pun langsung menjalani operasi.

"Setelah ahli bedah jantung selesai operasi terhadap Audrina, tim bedah plastik memainkan peran penting dalam menyelesaikan operasi ini karena kami bertanggung jawab menutupi jantungnya dibawah kulit dan otot," ujar Dr Larry Hollier, Kepala Operasi Plastik yang menangani Audrina.

Menginjak usia tiga setengah bulan, Audrina kini telah diizinkan pulang oleh pihak rumah sakit. Untuk keselematannya, ia menggunakan prisai pengawan warna merah muda untuk melindungi jantungnya.

© VIVA.co.id

SHARE halaman ke - 1

Berita Terkait
LIST TOPIK