Jum'at, 1 Agustus 2014
14:49 WIB
Ini Bahaya Konsumsi Kecap Berlebih
Otak kehilangan kandungan air dan organ tubuh mengecil.
Hobi menambahkan kecap asin, kurangi dari sekarang.
Wuri Handayani, Tasya Paramitha | Sabtu, 8 Juni 2013, 11:55 WIB
VIVAlife - Seorang pemuda berusia 19 tahun dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami hypernatremia. Gangguan tubuh karena terlalu banyak kandungan garam dalam darah. Penyebabnya, pemuda tersebut mengkonsumsi kecap asin berlebih.

Hal itu bermula saat pemuda tersebut ditantang rekannya meminum kecap, Ia menegak langsung hingga seperempat botol. Tak lama setelah mengonsumsi, pemuda tersebut mengalami kejang hebat. Kemudian ia dilarikan ke rumah sakit MedStar Georgetown University di Washington, D.C, Amerika Serikat.

Hypernatremia merupakan penyakit sangat berbahaya yang menyebabkan otak kehilangan kandungan air. Hal ini disebabkan karena darah yang mengandung garam akan menjadi terlalu kental, sehingga darah akan menyerap air dalam tubuh untuk kembali mengencerkan.

Dilansir Huffingtonpost, efek samping selain otak kehilangan air, organ tubuh lainnya akan mengecil dan berdarah. Hal inilah yang menyebabkan kegagalan organ hingga berujung kematian.

Dokter pun melakukan pertolongan pertama dengan memberikan pengobatan anti-kejang. Kemudian dilanjutkan dengan mengeluarkan garam dari tubuh pemuda tersebut menggunakan cairan khusus yang mengandung gula dekstrosa sebanyak 6 liter.

Beruntung pemuda ini selamat dari hypernatremia setelah mengalami koma selama 3 hari. Ia pun telah kembali ke bangku kuliah untuk melakukan ujian akhir. (eh)

© VIVA.co.id

halaman ke - 1
 

Berita Terkait
A A A
LIST TOPIK