Jum'at, 18 April 2014
11:13 WIB
VIDEO: Sensasi Kopile, Kopi Kedelai Non Kafein
Bentuk dan rsanya sama seperti kopi pada umumnya, namun non kafein.
Kopi kedelai tanpa kafein
Lutfi Dwi Puji Astuti | Minggu, 23 Juni 2013, 11:38 WIB

VIVAlife - Mengkonsumsi minuman berkafein dalam jangka panjang sudah banyak diketahui orang bisa menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan. Namun, seorang pemuda di Bantul, Yogyakarta, Wahyu Prasetya Hadi berhasil membuat kreasi baru, kopi non kafein berbahan dasar kacang kedelai yang aman dikonsumsi bagi Anda yang khawatir akan efek samping kafein.

Kopi ini diberi nama olehnya Kopile. Lihat videonya di sini.

Berbekal pengalaman membuat kopi tradisional di Lampung, ia berniat mengembangkan produksi kopi olahan tradisional di Bantul. Namun susahnya mendapatkan bijih kopi membuat dia kesulitan. "Tidak ketemu biji kopi yang asli, jadi saya coba buat kopi dari kedelai," dia mengisahkan.

Ia kemudian mencoba mengolah kedelai putih menjadi serbuk kopi. Cara pengolahannya pun sama persis dengan cara mengolah bijih kopi pada umumnya.

Pertama, kedelai dicuci bersih, lalu disangrai. Setelah itu, hasil sangrai diblender halus dan disaring. Hasilnya, bentuk dan harumnya sama seperti kopi pada umumnya.

Hadi tak menyangka kreasinya digemari banyak orang. Ia pun memberanikan diri untuk membuat kopi kedelai dalam kemasan dan menitipkannya ke warung-warung.

Bagi Anda penggemar kopi namun takut akan bahaya kafein, mungkin sensasi kopi kedelai buatan Hadi bisa dicicipi. (kd)

 

© VIVA.co.id

halaman ke - 1
 

Berita Terkait
A A A
LIST TOPIK