Kamis, 24 April 2014
22:51 WIB
Menikmati Lukisan Van Gogh di Atas Tangga Terminal
Lukisan tersebut menarik perhatian para turis yang lewat.
Lukisan bunga matahari Vincent van Gogh yang dilukis ulang di atas deretan anak tangga di Hong Kong.
Maya Sofia | Selasa, 16 Juli 2013, 11:05 WIB

VIVAlife - Apakah Anda termasuk salah seorang pecinta lukisan hasil karya Vincent Willem van Gogh? Kini, lukisan sang maestro lukis tak hanya bisa dinikmati di galeri atau museum.

Sebuah lukisan bunga matahari karya Van Gogh yang cukup terkenal dilukis ulang di atas deretan anak tangga pintu masuk Ocean Terminal, Hong Kong. Lukisan dengan tinggi lima meter itu tak pelak jadi pusat perhatian turis yang kebetulan melewati tangga tersebut. Beberapa di antaranya bahkan menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang lukisan Van Gogh.

Kehadiran lukisan ini memang terkait dengan dengan pameran yang menampilkan koleksi lukisan Van Gogh di galeri pusat perbelanjaan Harbour City. Namun koleksi yang dipamerkan bukanlah asli, melainkan lukisan reproduksi premium tiga dimensi pelukis asal Belanda tersebut. Koleksi yang dinamakan Relievo itu telah mendapatkan persetujuan dari kurator Museum Van Gogh di Amsterdam.

Seperti diketahui Van Gogh adalah pelukis pasca-impresionis Belanda. Ia dianggap sebagai salah seorang pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Karya-karyanya juga termasuk sebagai karya seni paling mahal di dunia. Itu sebabnya lukisan Van Gogh kerap menjadi objek pencurian.

Seperti pencurian yang terjadi di Mesir, pada tahun 2010 lalu. Saat itu lukisan 'Poppy Flowers' karya Vincent van Gogh digondol pencuri dari Museum Mahmoud Khalil. Namun, polisi berhasil meringkus pencuri lukisan dalam waktu beberapa jam setelah lukisan raib dari museum.  (eh)

© VIVA.co.id

halaman ke - 1
 
Halaman 1 2

Berita Terkait
A A A
LIST TOPIK